Kamis, Oktober 31, 2019

Rumus IF OR dan IF AND

Materi Ajar              : Fungsi logika Or dan And
Kelas                        : XI A1-XI A2, XI S1- XI S2
Jumlah Jam              : 1 JP ( 45")
Pertemuan                : 16

Rumus IF OR dan IF AND adalah pengembangan dari Fungsi logika IF  yang dapat kita gunakan dalam menyelesaikan kasus logika di excel. contoh kasusnya adalah dalam penerimaan karyawan, seorang pelamar akan diterima jika memenuhi beberapa kriteria tertentu. contoh kasus lain lagi misalkan dalam penilaian kelulusan siswa, siswa harus memenuhi beberapa kriteria tertentu untuk dinyatakan lulus.
sebelum masuk ke contoh kasus bagi anda yang belum memahami fungsi AND dan OR dapat anda pelajari terlebih dahulu pada artikel ini Fungsi OR dan AND. atau lihat tabel dan penjelasan dibawah ini.
rumus excel or dan and
Fungsi OR dan AND akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE, seperti terlihat pada tabel diatas. fungsi AND akan menghasilkan nilai TRUE jika semua pernyataan yang diuji terpenuhi, dan akan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu pernyataan saja tidak terpenuhi.
Rumus OR akan menghasilkan nilai TRUE jika salah satu saja pernyataan yang diuji terpenuhi, dan akan menghasilkan Nilai FALSE jika semua pernyataan tidak terpenuhi.

Rumus IF AND

Pada Fungsi IF Logical test atau test kodisi hanya diperbolehkan 1 kriteria saja. agar dapat menjadi multiple kriteria maka kita dapat kombinasikan dengan fungsi AND. berikut kombinasinya dalam bentuk syntax.
=IF(Logical_test,Value_IF_TRUE,Value_IF_FALSE)
=AND(logical1,Logical2,…)
Kombinasi rumusnya dapat dituliskan seperti dibawah ini. Fungsi AND(logical1,Logical2,…) akan dijadikan sebagai logical test dalam Fungsi IF
=IF(AND(logical1,Logical2,…),Value_IF_TRUE,Value_IF_FALSE)
Contoh kasus : Berikut adalah hasil test penerimaan pegawai baru di suatu perusahaan. Syarat seorang pegawai diterima adalah jika nilai test tertulisnya lebih besar dari 80 DAN nilai psikotestnya lebih besar dari 85.
Rumus if and
Penyelesaian :
  1. Letakan pada cell hasil yaitu cell F10
  2. Tuliskan Formula =IF(AND(D10>80,E10>85),”DITERIMA”,”DITOLAK”)
  3. Gunakan Autofill untuk cell dibawahnya.
Formula diatas dapat di terjemahkan sertiini  “Jika test tertulis (D10) lebih besar dari 80 DAN psikotest lebih besar dari 85 maka DITERIMA, jika tidak maka DITOLAK”.

Rumus IF OR

Fungsi IF OR ini hampir sama dengan IF AND, agar fungsi IF dapat menjadi multiple kriteria maka kita dapat kombinasikan dengan fungsi OR. berikut kombinasinya dalam bentuk syntax.
=IF(Logical_test,Value_IF_TRUE,Value_IF_FALSE)
=OR(logical1,Logical2,…)
Kombinasi rumusnya dapat dituliskan seperti dibawah ini. Fungsi OR(logical1,Logical2,…) akan dijadikan sebagai logical test dalam Fungsi IF
=IF(OR(logical1,Logical2,…),Value_IF_TRUE,Value_IF_FALSE)
Contoh kasus : Seorang manager sedang menyeleksi pegawai baru. Seseorang akan diterima bekerja jika dia lulusan S1 ATAU Bisa Komputer , jika bukan S1 dan Tidak bisa Komputer maka ditolak.
rumus if or
Penyelesaian :
  1. Letakan Pointer pada cell hasil yaitu cell E10
  2. Tuliskan Formula =IF(OR(C10=”S1″,D10=”Bisa”),”DITERIMA”,”DITOLAK”)
  3. Gunakan Autofill untuk cell dibawahnya.
Formula diatas dapat di terjemahkan seperti ini  “Jika pendidikan (C10) adalah “S1”ATAU “Bisa” Komputer (D10), maka DITERIMA, jika tidak maka DITOLAK”.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...apabila materi blum jelas dan latihan soal blm jelas boleh tanya secara online

    BalasHapus