Assalamu'alaikum Wr.Wb
Berikut teknis KBM yang akan kita laksanakan yaitu
SEKOLAH : SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : X IPA 3
PERTEMUAN : KE-6/7
WAKTU : 90" (DUA JP)
KD : 3.3. Integrasi Ms.Office tingkat Lanjut
4.3. Menunjukkan dan menjelaskan dan mempraktikkan aplikasi Ms-Office tingkat lanjut
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : X IPA 3
PERTEMUAN : KE-6/7
WAKTU : 90" (DUA JP)
KD : 3.3. Integrasi Ms.Office tingkat Lanjut
4.3. Menunjukkan dan menjelaskan dan mempraktikkan aplikasi Ms-Office tingkat lanjut
MATERI : PJBL makalah dengan membuat PPT Power Point
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat makalah dengan pengaplikasian Ms-Office tingkat lanjut ( Ms-Word dan Power Point).
2. Siswa mampu mempresentasikan hasil dari PJBL makalah ke dalam Slide Presentasi.
B. Kegiatan Awal
1. Guru mengkondisikan ruang kelas
2. Siswa menyiapkan dan memimpin Doa
3. Guru melaksanakan Presensi kehadiran
4. Guru merefleksi materi sebelumnya dan motivasi siswa
5. Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari saat ini
6. Siswa menyiapkan, melakukan Booting Komputer untuk persiapan praktik
C. Kegiatan Inti
1. Guru menyilahkan siswa untuk mempresentasikan hasil PJBL makalah secara Random bersadarkan kelompok.
2. Guru dan siswa interaktif membahas hasil PJBL makalah yang dibuat dan dipresentasikan.
3. Guru melaksanakan bimbingan secara menyeluruh untuk evaluasi tercapainya materi.
Berikut contoh hasil PJBL yang akan di bahas dan didiskusikan secara interaktif.
D. Kegiatan Penutup
1. Guru mengevalausi hasil praktik yang telah di laksanakan.
2. Guru menyampaikan kegiatan yang akan di pelajarai minggu depan dengan cara klik link blogger untuk bahan referensi
3. Guru melaksanakan Penutup dengan mengucap salam dan motivasi agar tetap terjaga attitude, belajar dan ibadahnya.
SEKOLAH : SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : XI IPA 1
PERTEMUAN : KE-7
WAKTU : 45" (SATU JP)
KD : 3.3. Integrasi Ms.Office tingkat Lanjut
4.3. Menunjukkan dan menjelaskan dan mempraktikkan aplikasi Ms-Office tingkat lanjut untuk data base
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : XI IPA 1
PERTEMUAN : KE-7
WAKTU : 45" (SATU JP)
KD : 3.3. Integrasi Ms.Office tingkat Lanjut
4.3. Menunjukkan dan menjelaskan dan mempraktikkan aplikasi Ms-Office tingkat lanjut untuk data base
MATERI : fungsi Logika lookup, if, teks tunggal dalam latihan 7 dan lanjut Integrasi sheet membuat database raport dengan menggunakan Spin Button
A. TU.PEMBELAJARAN : Siswa mahir mempraktikkan penghitungan data untuk database
B. Kegiatan Awal
1. Guru mengkondisikan ruang kelas
2. Siswa menyiapkan dan memimpin Doa
3. Guru melaksanakan Presensi kehadiran
4. Guru merefleksi materi sebelumnya dan motivasi siswa
5. Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari saat ini
6. Siswa menyiapkan, melakukan Booting Komputer untuk persiapan praktik
C. Kegiatan Inti
1. Guru menyilahkan siswa untuk membuka file pendukung yang akan dijadikan link terkait integrasi antar sheet dengan target ( membuat cetak raport )
2. Guru dan siswa interaktif membahas materi yang dipelajari
3. Siswa mempraktikkan materi sesuai dengan petunjuk dan arahan guru.
4. Guru melaksanakan bimbingan secara menyeluruh untuk memetakan siswa yang memerlukan pendampingan
Materi Spin Button
Kali ini kita akan mencoba menuliskan artikel tentang Cara membuat tombol spin dengan vloockup pada Excel, yang merupakan pengalaman saya pada saat membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mempermudah pekerjaan.
Excel adalah sebuah aplikasi bagian dari office yang dibuat oleh microsoft dan berfungsi untuk membantu manusia dalam mengerjakan berbagai masalah perhitungan dan kondisi permasalahan tertentu.
Nah, disini saya punya kasus bahwa harus membuat sebuah program yang sederhana untuk mencetak sejumlah data dengan format yang sudah ditentukan, biasanya sih saya pakai Mail Merge, namun ternyata ada yang lebih mudah dan efektif yaitu menggunakan fungsi dari tombol Spin dengan di kolaborasikan dengan rumus vlookup.
Excel adalah sebuah aplikasi bagian dari office yang dibuat oleh microsoft dan berfungsi untuk membantu manusia dalam mengerjakan berbagai masalah perhitungan dan kondisi permasalahan tertentu.
Nah, disini saya punya kasus bahwa harus membuat sebuah program yang sederhana untuk mencetak sejumlah data dengan format yang sudah ditentukan, biasanya sih saya pakai Mail Merge, namun ternyata ada yang lebih mudah dan efektif yaitu menggunakan fungsi dari tombol Spin dengan di kolaborasikan dengan rumus vlookup.
Pengertian VLookup
Apa yang dimaksud dengan Vlookup ?
Vlookup adalah sebuah array yang menggantikan perhitungan runtime dengan operasi pengindeksan yang lebih sederhana. Vlookup ini dapat mengambil data pada posisi horizontal untuk di tampilkan selanjutnya dengan posisi vertical.Pengertian Spin Button
Apa yang dimaksud dengan Spin Button ?
Spin button adalah sebuah tombol yang disediakan microsoft excel pada tab Developer yang berfungsi sebagai tools agar data dapat di next atau di back, dengan ketentuan yang kita buat. Tombol Spin ini harus diatur dan dikolaborasikan dengan rumus vlookup agar dapat berfungsi.Spin button atau tombol spin ini sangat bermanfaat bagi kita untuk dapat memudahkan dalam pengelolaan data yang banyak, terlebih dalam implementasi mailmerge yang dikolaborasikan dengan fungsi Vlookup.
Cara menambahkan tombol developer di excel
Cara menambahkan tombol developer di excel
Pada mode standar bahwa excel tidak menampilkan tab Developer sehingga sobat harus menambahkan secara manual. Caranya adalah sebagai berikut :
- Buka microsoft excel kemudian klik File - Option
- Pilih Menu Cutomize Ribbon
- Ceklish pada bagian Developer maka akan muncul Tab baru di halaman excel
Cara menjalakan fungsi Spin Button
Bagaimana Vlookup di padukan dengan fungsi Spin Button ?
Setelah menu Tab Developer muncul di halaman excel, tahap selanjutnya adalah mulai untuk mengerjakan pekerjaan saya tadi.- Buat sheet dengan nama Data Siswa
- Lihat tampilan gambar di bawah ini
- Range area yang akan digunakan untuk Vlookup adalah (A3:F7)
- Kemudian buat sheet Format Biodata
- Lihat gambar di bawah ini
- Setelah format di buat, selanjutnya perhatikan pada nomor 1, silahkan sobat buat kotak tersebut kemudian isi dengan angka 1. kalo dilihat posisi nomor itu ada di cell (E2)
- Kemudian untuk mengisi rumus pada kolom nama (C3), Jenis kelamin (C4), Kelas (C5) dan Jurusan (C6) adalah sebagai berikut :
- Tempatkan kursor di Cell C3 masukan rumus =VLOOKUP($E$2,'Data Siswa'!$A$3:$F$7,3)
- Tempatkan kursor di Cell C4 masukan rumus =VLOOKUP($E$2,'Data Siswa'!$A$3:$F$7,4)
- Tempatkan kursor di Cell C5 masukan rumus =VLOOKUP($E$2,'Data Siswa'!$A$3:$F$7,5)
- Tempatkan kursor di Cell C6 masukan rumus =VLOOKUP($E$2,'Data Siswa'!$A$3:$F$7,6)
<
- Bila sudah akan terlihat data tampil seperti gambar di bawah ini
- Kita lanjutkan untuk membuat tombol spin.
- Klik Tab Developer pilih Insert
- Tempatkan di samping cell nomor
- Klik Kanan pilih Format Control
- Tentukan Minimum Value = 1, Maksimum Value = 100, Cell Link = E2 (posisi sobat buat cell nomor tadi).
- Lihat lebih jelas pada gambar di bawah ini.
- Sampai disini sobat sudah bisa melakukan pengujian, silahkan klik tombol dan data akan berubah sesuai dengan data yang ada pada Sheet Data
D. Kegiatan Penutup
1. Guru mengevalausi hasil praktik yang telah di laksanakan.
2. Guru menyampaikan materi yang akan di pelajarai minggu depan dengan cara klik link blogger untuk bahan referensi
3. Guru melaksanakan Penutup dengan mengucap salam dan motivasi agar tetap terjaga attitude, belajar dan ibadahnya.
Terimakasih untuk semangatnya semoga sukses selalu..
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar