KELAS : X A2, X A4, X A5
JUMLAH JAM : 2 JP ( 90" )
PERTEMUAN : 5
MEMBUAT DOKUMEN MASSAL DENGAN MAIL MERGE
PADA MS. WORD 2007
Mail merge adalah salah satu fasilitas
yang disediakan oleh Ms.word untuk mempermudah pekerjaan kita dalam membuat
surat atau sertifikat yang isinya sama tetapi tujuannya berbeda. Hanya saja ada
sedikit perbedaan dalam proses pembuatannya pada Ms.word 2007 dengan versi
sebelumnya, walaupun prinsipnya sama yaitu dengan membuat “Dokumen master” atau “Main
document” yaitu dokumen yang berisi surat tersebut yang isinya sama, dan
yang kedua membuat “data source” yaitu daftar yang bersi data (seperti :nama,
alamat atau tempat tanggal lahir) yang
kemudian kita gabungkan sehingga menjadi dokumen yang kita inginkan.
Berikut adalah langkah-langkah
pembuatan dokumen massal pada Ms.word 2007
1.
Membuat “Dokumen
master” atau “Main dokumen”,
sebagai contoh kita akan membuat sertifikat pelatihan dengan data soruce berisi
nama, alamat, kota, dan program pelatihan yang di ikuti, setelah selesai
membuat dokumen master maka kita
akan melanjutkan pada langkah kedua,
2. Membuat Data Source
Berikut adalah
cara-cara membuat data source pada ms. Word 2007
a. Klik
menu mailings pada toolbar atas,
kemudian pilih start mail merge,
setelah itu pilih select recipients.
Pada menu ini terdapat tiga pilihan, yaitu :
i.
Type
New List, pilihan ini jika kita ingin membuat data source yang baru;
ii.
Use Existing
List, pilihan ini jika kita ingin menggunakan data source yang ada;
iii.
Select
from outlook contacts, pilihan ini jika kita ingin menggunakan data
source yang berasal dari alamat outlook.
Karena kita akan membuat data source yang baru, maka
kita pilih pilihan pertama yaitu “Type New List”
b. Setelah
itu akan muncul kotak “New address list”,
nah pada kotak inilah kita bisa mengisikan data-data yang akan kita gabungkan
dalam dokumen master yang kita buat sebelumnya.
Apabila field
yang disediakan oleh Ms.word tidak sesuai dengan yang kita butuhkan (dalam
contoh ini field-field yang kita isikan adalah nama, alamat, kota, dan program) kita dapat menambahnya dengan mengklik tombol customize columns.
c. Setelah
itu akan tampil kotak customize columns,
·
Untuk menambahkan field-field yang kita butuhkan tekan tombol “add”, (dalam contoh ini tambahkanlah :
nama, alamat, kota, dan program);
·
Untuk menghapus field tekan “delete”;
·
Untuk mengubah nama field tekan “rename”;
d. Setelah
selesai menambahkan field-field yang kita butuhkan, maka kita kembali ke kotak
“New address list” , selanjutnya
kita akan mengisi field-field yang telah kita buat dengan data-data yang kita
miliki, seperti gambar dibawah berikut ini:
·
Untuk menambah data tekan tombol “New
Entry”
·
Untuk menghapus data tekan tombol “Delete Entry”
·
Untuk mencari data tekan tombol “Find”
e. Jika
data yang kita masukkan sudah cukup, tekan tombol OK , setelah itu kita akan diminta untuk menyimpan data source
tersebut,
3. Menggabungkan Data source kedalam Dokumen
Master
Setelah kita
membuat dokumen master dan data source maka langkah berikutnya adalah
menggabungkan isi field yang kita buat tersebut kedalam dokumen master.
Berikut adalah
langkah-langkahnya :
·
Letakkan kursor dimana data akan diletakkan;
·
Kemudian pilih menu mailings pada toolbar, setelah itu pilih select recipients, kali ini kita pilih use existing list,
Kemudian kita akan diminta memilih daftar field yang
telah kita buat, pilih file yang kita simpan sebelumnya (lihat langkah 2.e),
Setelah itu tekan open.
·
Kemudian pilih tombol insert merge field yang ada pada menu mailings,
Maka akan muncul kotak “Insert Merge Field”,
·
Kemudian pilih field yang ingin kita gabungkan
pada dokumen master, setelah itu tekan tombol insert.
·
Setelah selesai menggabungkan field dengan
dokumen master, maka tampilan dari dokumen master akan seperti berikut :
4. Melihat
Hasil Dari Dokumen Master yang telah digabung
Untuk melihat
hasil gabungan dari dokumen master dengan field yang kita masukkan, klik tombol
Peview Result yang ada pada menu mailings.
Maka tampilan
dari dokumen master akan seperti berikut
Demikianlah,
langkah-langkah dari membuat dokumen massal dengan mail merge pada ms. Word
2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar