Jumat, Agustus 09, 2019

EMBED MS-WORD KE MS-EXCEL

MATERI AJAR              : Membuat Surat Massal
KELAS                           : X S2, X A1, X S3
JP                                    : 2 JP ( 120")
PERTEMUAN               : 4

UARIAN PEMBELAJARAN

1. Membuat Surat yang akan dibuat surat massal ( Dokumen INDUK )
    contoh :
    PANITIA REUNI AKBAR
SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
ANGKATAN 2018
___________________________________________________________________________________
                                                                                                                                                                                        Bandar Lampung, 8 Agustus 2018

Kepada Yth: …..................
               di …...................

 

Assalamualaikum wr.wb.
Setelah sekian lama kita terpisah mencari jati diri masing-masing, jadi teringat masa-masa SMA silam. Banyak cerita, banyak kenakalan, dan banyak kenangan disana. Oleh karenanya, kami selaku Panitia Reuni Akbar SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung Angkatan 2018 akan menyelenggarakan reuni pada :
Hari                : Ahad
Tanggal           : 7 April 2019
Tempat           : Aula Gedung Serba Guna SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung
Acara             : Temu kangen dan pembentukan kepengurusan Ikatan Alumni
Hiburan          : OVeJe
Kontribusi      : Rp100.000.00 Transfer via Rek. Jak Bank No. 987654432

Sekian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Ketua Panitia


Sri Astuti, SE


2. Membuat data undangan yang akan dituju ( Dokumen Sumber )
    Contoh :
    buat latihan Kita siapin dulu data beberapa teman yang mau diundang. Misalnya
  1. Sule Sutisna di Bandung
  2. Edi Supono  di Jakarta
  3. Nunung        di Solo
  4. Desta           di Bandung
  5. Aziz              di Jakarta
Nama-nama ini akan kita setting untuk mengisi titik-titik seperti pada surat diatas.

Kepada Yth:
                di

3. Menggabungkan Dokumen Induk Dan Dokumen Sumber
    Langkah-Langkah Sebagai Berikut :
    
Masuk ke menu Mailing pada Ms. Word 2010 lalu pilih Start Mail Merge

Keterangan:
Letter untuk membuat surat masal
E-mail Messages untuk membuat surat elektronik masal
Envelope untuk membuat amplop
Label untuk membuat label alamat
Direktory untuk membuat direktori






#4
Kali ini kita pilih Surat masal. maka pilih (klik) Letter. Selanjutnya kita pilih Type New List. Mengapa memilih ini?
Memilih Type New List adalah untuk membuat surat masal dengan menggunakan bantuan Visual Basic. Cara lain bisa menggunakan kombinasi Ms. Word dan Excel tetapi ngekliknya bukan di Type New List tetapi di Use Existing List.

Pilih saja kali ini Type New List














Tampilan inilah yang muncul. Kamu isi saja Title, First Name, Last Name, Company Name...dst. Apa harus diisi semua? Enggak lah...isi saja yang kamu anggap perlu diisi.





Lakukan editing seperlunya. Masuk ke Customize Column. klik dan akan muncul seperti ini



Disitu kalian bisa melakukan editing sederhana.
Add untuk menambah data Field personal baru
Delete untuk menghapus data Field
Rename untuk mengganti nama Field
saya delete banyak field saya sisakan 2 dan saya rename jadi nama dan alamat





Isi manual formulir  New Addres List. Untuk menambah nama baru klik New Entry dan untuk menghapus pilih Delete Entry

 Otomatis akan muncul tampilan berikut
Kasih nama dan simpan di drive yang anda ingin

Oke. Data kita sudah tersimpan. Ingat! data yang kita bikin hanya sampel saja. Kalau kalian ada 500 ya diketik semua ya...... :-D

Selanjutnya klik lokasi yang akan kita kasih data nama dan alamat pada surat yang tadi sudah kita buat. 
Klik Insert Merge Field... disitu ada data Field yang sudah kita buat tadi. 

 


Letakkan kursor pada lokasi kosong setelah Kepada Yth:    klik Insert, Merge Field yang Nama
Letakkan kursor pada lokasi kosong di dengan Alamat
Hasilnya seperti ini


Perhatikan! biarkan tambahan kode yang muncul di sekitar Nama dan Alamat tetap seperti itu. Jangan dihapus. Klik Preview Result untuk melihat hasilnya.
Setelah kamu preview akan muncul semua nama yang kamu telah buat mail merge nya... klik tanda next (segitiga biru samping kanan dan kiri) untuk melihat hasil yang lain. gimana? 

Kalau mau mencetak, tinggal klik Finish and Merge lalu muncul kotak pilihan print document

Tidak ada komentar:

Posting Komentar